Dakwah harus dilakukan dengan hikmah, pelajaran, dan cara yang baik. Dakwah yang dilakukan secara berjama’ah akan lebih efektif dibandingkan secara personal, karenanya islam sendiri sangat mementingkan kebersamaan.

“Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung” (Al Imran : 104)

Dakwah kampus adalah implementasi dakwah ilallah dalam lingkup Fakultas Hukum UGM yang dimaksudkan untuk menyeru civitas akademika Fakultas Hukum UGM secara khusus dan masyarakat secara umum ke jalan Islam dengan memanfaatkan berbagai sarana formal/informal yang ada di dalam kampus. Dakwah kampus bergerak di lingkungan masyarakat ilmiah yang mengedepankan intelektualitas dan profesionalitas.

Di sisi lain, dakwah harus dilakukan dengan hikmah, pelajaran, dan cara yang baik. Dakwah yang dilakukan secara berjama’ah akan lebih efektif dibandingkan secara personal, karenanya islam sendiri sangat mementingkan kebersamaan. Tak terlepas dari hal itu, dengan kesadaran akan urgensi dakwah kampus dan kesadaran akan kebutuhan ruhiyah seorang muslim maka mahasiswa muslim FH UGM berinisiasi untuk membentuk suatu organisasi kerohanian islam.

Oleh sebab itu pula, KMFH (Keluarga Muslim Fakultas Hukum) UGM ada dan didirikan di lingkungan kampus Fakultas Hukum UGM. Keberadaan KMFH merupakan bagian dari sebuah ikhtiar dakwah yang dipusatkan dan berpusat di lingkungan intelektual kampus dan bergerak berdasar dakwah kampus. KMFH didirikan sebagai sebuah upaya untuk menyatukan kekuatan-kekuatan yang ada dalam diri mahasiwa muslim untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang tengah dihadapi umat islam khususnya di lingkungan intelektual perguruan tinggi. Hal ini sebagaimana perkataan Ali bin Abi Thalib “bahwa kebaikan yang tidak terorganisir akan dapat terkalahkan oleh kejahatan yang terorganisir”. Selain itu, keberadaan KMFH juga merupakan sebuah upaya untuk turut serta mewujudkan masyarakat madani di lingkungan Fakultas Hukum UGM khususnya.

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh”
(As Shaff :4)

Dalam rangka menjalankan suatu lembaga dakwah, diperlukan suatu pedoman untuk mewujudkan tujuan dakwah dalam satu periode kepengurusan. Adapun GBHD KMFH merupakan landasan yang digunakan. Dengan adanya GBHD tersebut, penyelesaian segala permasalahan internal maupun eksternal lembaga dakwah dapat merujuk pada GBHD.

GBHD KMFH yang kedudukanya secara formal diakui dalam Musyawarah Besar KMFH memiliki potensi dan kekuatan untuk membantu kader-kader KMFH dalam mengemban amanah dan tanggung jawab dakwah di Fakultas Hukum UGM. Visi KMFH yakni membumikan nilai-nilai islam di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, sementara misi yang diemban adalah meningkatkan kualitas keimanan, meningkatkan kualitas ukhuwah islamiyah, dan meningkatkan kualitas intelektual sumber daya insani.

Secara historis, KMFH UGM berdiri secara de facto sejak tahun 1988 dan baru disahkan pada tanggal 14 November 1993. KMFH terdiri dari beberapa departemen yakni Departemen Pengkajian dan Wacana, Departemen Pembinaan dan Pelayanan Umat, Departemen Jaringan, Departemen Jurnalistik, Departemen Baitul Maal wat Tanwil, Departemen Keputrian, dan Biro Khusus Kaderisasi. Sementara kegiatan rutin KMFH sendiri beragam seperti diantaranya kajian rutin DPPU dan DPW, sekolah kader, mengajar di desa binaan, Moot Court Academy, Kartini Cup, Kajian Rutin Jum’at Siang “Kantinjus”.

Di dalam KMFH ini terdapat suatu Badan Semi Otonom yaitu Islamic Law Forum (ILF) yang arah geraknya spesifik di bidang pengkajian maupun penelitian terhadap syariah Islam.