Sekolah Debat 2016

103921

Tepat pada tanggal 9 November 2016, Departemen Pengkajian dan Wacana KMFH UGM mengadakan sekolah debat yang bertempat di ruang 7.2.4 FH UGM (ruang sidang 4). Sekolah debat kali ini dihadiri dari berbagai kalangan mahasiswa, Tio (mahasiswa FH UGM 2015) selaku pembawa acara membuka acara tersebut dengan ucapan pembuka. Setelah itu barulah acara dipandu oleh Husni (mahasiswa FH UGM 2014) selaku moderator yang mengajukan pernyataan untuk membuka sesi materi. Materi disampaikan oleh Ola Anisa Ayutama, S.H. dengan baik dan berbobot, beliau menyampaikan materi tentang tata cara debat yang baik dan benar mulai dari bahasa tubuh dan bahasa verbal, selanjutnya beliau juga memberikan tips membedah mosi yang baik.

Pada kali ini mosi yang dibedah adalah “Usulan Pemerintah untuk menaikkan dana bantuan kepada partai politik” mulai dari cara membangun argumen pro dan kontra pun dibahas dengan terstruktur dan sangat baik sehingga mudah dicerna oleh para peserta. Sesi selanjutnya yaitu simulasi debat, pada sesi ini moderator memandu agar peserta dibagi menjadi tim pro dan tim kontra, mosi untuk simulasi debat kali ini adalah “Pengetatan pemberian remisi bagi terpidana korupsi” dalam waktu 10 menit peserta diberikan kesempatan untuk membedah mosi tersebut sesuai tim masing-masing. Setelah waktu habis barulah simulasi debat dimulai, simulasi debat kali ini sangat menarik karena dari masing-masing tim memberikan argumen yang sangat baik.

Setelah selesai sesi simulasi barulah Ola Anisa Ayutama, S.H selaku pemateri memberikan komentar yang sangat membangun dan sangat mengapresiasi hasil dari simulasi debat tersebut. Acara sekolah debat ini akhirnya ditutup dengan kesimpulan yang disampaikan oleh moderator sekaligus menjadi penutup dalam acara Sekolah Debat.

You may also like

Leave a comment