Menjadi Wanita Inspirasi Keluarga

Bismillahirrahmanirrahim..
Assalamu’alaikr.Wb..
NotulensiKantinjus
(15 April 2016)
————————————

Tema: Menjadi Wanita Inspirasi Keluarga

Pembicara: Arini Rusydah (Penerima beasiswa LPDP S2 Biotechnology, Hafidzah).

-Khairunnas anfa’uhum linnas “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak memberi manfaat bagi orang lain” (HR. Bukhari Muslim).

– Pada dasarnya wanita itu sangatlah istimewa. Dari pengertian tema yaitu tentang menjadi wanita inspirasi keluarga, kita bisa menarik sebuah definisi terkait inspirasi. Bahwasannya inspirasi itu merupakan cikal bakal dari motivasi atau petunjuk yang letaknya di dalam hati.

– Setiap orang sudah memiliki bibit inspirasi dalam hati dan dirinya yang bisa menginspirasi keluarga kecil, bahkan keluarga besar kita yaitu keluarga sesama muslim. Karena definisi keluarga itu sangatlah luas. Sesama muslim pun termasuk keluarga kita. Dan itu yang mempersempit pemikiran kita mengenai definisi keluarga.

– Dalam Al Qur’an dijelaskan mengenai wanita-wanita yang menginspirasi. Seperti Maryam (sabar, menjaga kesucian), Ibunda Nabi Musa, Asiyah, Khadijah, Aisyah serta Siti Fatimah. Beliau semua memiliki sifat inspiratif yang dapat kita tiru seperti sifat rela berkorban, sabar dan cerdas.

– Nah, dari inspirasi itulah akan muncul motivasi, ide-ide kreatif yang berujung pada sebuah aksi.

– Tahapan untuk menjadi wanita inspiratif:

1. Karena inspirasi itu tertanam dalam hati, maka untuk menjadi wanita inspiratif kita harus senantiasa menambah keimanan, meminta kepada Allah untuk diberi petunjuk.
2. Kita harus peka tentang apa yang telah diberi oleh Allah.
3. Aksi ( melakukan langkah yang menginspirasi), dalam melakukan aksi jangan terbersit rasa sombong.

-Jadi, tahapannya adalah mulai dari
INSPIRASI–> MOTIVASI–> AKSI
– Cara kita melihat potensi diri kita yaitu dengan memahami diri sendiri, membuat analisis diri. Agar kelemahan kita bisa menjadi kelebihan yaitu dengan cara terus mengasah kelemahan kita.

Wassalamu’alaikum wr.wb..

Tunggu edisi katinjus selanjutnya…. !!!
Semoga bermanfaat..

You may also like

Leave a comment