Sekolah Debat Oktober 2015

Departemen Pengkajian dan Wacana (DPW) Keluarga Muslim Fakultas Hukum (KMFH) UGM kembali mengadakan sekolah debat pada hari Kamis, 29 Oktober 2015. Acara yang bertempat di ruang 5.3.1 Fakultas Hukum (FH) UGM disambut dengan baik oleh para peserta yang terdiri dari mahasiswa FH UGM angkatan 2013-2015. Kahfi (mahasiswa FH UGM 2015) membuka acara tersebut dengan memberikan beberapa patah kata pembuka. Kemudian, acara dimulai dengan penyampaian materi oleh Suryana Yogaswara, S.H.

“Ada berapa balok di dalam gambar tersebut?”, menjadi pertanyaan pembuka sebelum Suryana Yogaswara mengisi materi.

Picture1 sekolah debat

Beragam jawaban muncul dari peserta. Ada yang mengatakan dua balok, satu balok serta ada yang setuju bahwa balok di gambar tersebut ada tiga dan empat. Suryana Yogaswara menegaskan bahwa pertanyaan tersebut bukanlah permasalahan benar atau salah melainkan persoalan mengenai fakta/dasar dari pendapat para peserta. Melalui pertanyaan tersebut, Suryana Yogaswara ingin menunjukkan pentingnya fakta/dasar dalam suatu debat.

Setelah pertanyaan pembuka tersebut, Suryana Yogaswara menyampaikan materi Sekolah Debat.

Materi Sekolah Debat

Acara Sekolah Debat berlangsung begitu santai, ringan, tetapi berbobot. Meskipun matahari beranjak berwarna oranye, para peserta tetap antusias mendengarkan pemateri. Tanpa terasa Sekolah Debat pun berakhir pada pukul 17.30 dan ditutup dengan sesi tanya-jawab serta penutup oleh Kahfi selaku penanggung jawab acara Sekolah Debat.

You may also like

Leave a comment